Posted on

9 Tanda Kalau Anda Tidak Bisa Bebas Finansial

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa “Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh kekayaan,”. Namun ternyata quote popular itu mendapat tentangan dari seorang jutawan dunia bernama Steve Siebold. Benarkah demikian? Apakah benar setiap orang bisa sukses dan kaya? Siebold berpendapat bahwa tidak semua orang bisa menjadi kaya dan mendapatkan kesempatan itu. Menurutnya, ada beberapa kebiasaan, sifat dan ciri umum yang menyebabkan seseorang tidak akan pernah menjadi kaya apalagi menjadi miliarder. Beberapa ciri itu sebaiknya dijadikan bahan evaluasi.

Bukan berarti menjudge masa depan seseorang, namun setidaknya ini sebagai hasil penelusuran dan penelitian banyak ahli mengenai kesuksesan dan kebiasaan manusia. Nah, berikut ini telah disusun sembilan “benang merah” yang seringkali menjadi penghambat kesuksesan dan kekayaan seseorang.

Apa sajakah itu? Let’s check it out!

1# Terlalu Fokus pada ‘’Menabung’’ Ketimbang Menambah ‘’Penghasilan’’

Banyak orang yang ingin menjadi kaya, mereka malah fokus pada menabung. Menabung memang bisa menjadi cara untuk mengumpulkan kekayaan akan tetapi ada hal yang lebih penting. Apa itu? Hal yang lebih penting itu adalah ‘menambah penghasilan (earning)’. Apa yang akan ditabung jika uang untuk ditabungnya sedikit? “Berhentilah mencemaskan uang anda habis, tapi fokuslah pada bagaimana menghasilkan lebih banyak uang,” saran Siebold.

2# Tidak Tertarik Pada Investasi

Selanjutnya kebiasaan buruk yang bisa menjadi penghambat anda untuk kaya adalah kurangnya minat dan ketertarikan pada investasi. Ketahuilah, investasi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan lebih banyak uang dalam kurun waktu tertentu. Jika anda hanya mengandalkan tabungan, maka jumlah uang yang akan anda miliki beberapa tahun kedepan tidak akan berkembang secara signifikan. Berbeda dengan ketika anda berinvestasi pada tanah, rumah, saham dan lainnya, yang suku bunganya terus meningkat tajam setiap tahunnya. Perlu diketahui juga bahwa rata-rata, jutawan berinvestasi 20% dari pendapatan mereka setiap tahunnya. Bagaimana dengan anda?

3# Terlalu Puas dengan Gaji Tetap

Kebanyakan orang lebih suka atau memilih untuk dibayar berdasarkan dengan gaji tetap. Itu sebetulnya yang menjadi penghambat kenapa penghasilan yang didapatkan selama bertahun-tahun tetap dan tidak bertambah. Berbeda dengan orang-orang kaya; mereka lebih memilih untuk dibayar berdasarkan hasil yang bisa dia raih. Pada umumnya, mereka merupakan seseorang yang suka pada bisnis dan biasa disebut sebagai seorang wiraswasta. Mereka berani memulai bisnis dan fokus dalam mengembangkannya.

4# Terlalu Memprioritaskan Gaya Hidup

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa ‘jika anda hidup diatas kemampuan anda, maka anda tidak akan bisa kaya’. Artinya, jika anda terlalu mengedepankan gaya hidup, maka anda tidak akan bisa mendapatkan kesuksesan atau kekayaan. Sebesar apapun gaji yang anda dapatkan, maka pada akhirnya hanya akan habis saja. Intinya adalah jangan beli sesuatu yang memang anda belum mampu untuk membelinya. Jangan sampai anda memaksakan diri untuk membeli sesuatu demi gaya hidup anda apalagi jika harus meminjam uang untuk mendapatkannya.

5# Terlalu Fokus Mengejar Impian Orang Lain Bukan Impian Sendiri

Jika Anda ingin sukses, Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan. Boleh saja anda mencintai profesi anda, akan tetapi lakukanlah hanya sekedar profesi. Disamping profesi, anda harus punya tujuan dan impian anda sendiri. Impian itu yang harus dijadikan tujuan hidup dan diusahakan, diperjuangkan dan juga dikembangkan sampai anda bisa meraihnya. “Terlalu banyak orang membuat kesalahan dengan mengejar mimpi orang lain. Ketika Anda mengejar impian atau tujuan orang lain, Anda mungkin akhirnya menjadi tidak bahagia dengan profesi yang Anda pilih itu,” kata Thomas C. Corley.

6# Terlalu Cuek dan Tak Mau Melangkah dari Zona Nyaman

Jika Anda ingin membangun kekayaan, kesuksesan, atau maju dalam hidup, maka Anda akan harus membiasakan diri dengan ketidakpastian atau ketidaknyamanan. Selama ini, banyak orang yang lebih memilih lokasi atau zona nyaman. Memang hal ini bisa membuat mereka hidup tenang, akan tetapi biasanya tidak ada perkembangan dalam hidupnya termasuk dari jumlah uang dan harta yang dimilikinya. Sementara itu, kebanyakan orang kaya biasanya bisa menemukan kenyamanan dalam ketidakpastian. “Kenyamanan fisik, psikologis, dan emosional adalah tujuan utama dari pola pikir kelas menengah,” kata Siebold.

7# Tidak Bisa Mengatur Keuangan dengan Baik

Uang tidak bisa datang langsung ke rumah dan bisa kita dapat, tapi kita harus melakukan usaha untuk bisa mendapatkannya. Jika anda ingin jadi orang kaya, maka salah satu syarat yang harus anda kuasai juga adalah mengenai manajemen keuangan yang baik. Uang yang anda peroleh dari kerja, bisnis dan lainnya haruslah diatus sedemikian rupa agar kemudian bisa berkembang menciptakan sebuah system yang nantinya bisa melahirkan banyak uang. Dengan kata lain, manajemen keuangan yang baik adalah menggunakan dan memberdayakan uang yang ada agar bisa menjadi mesin uang yang lebih besar serta menjanjikan.

8# Punya Banyak Tagihan Tidak Produktif (Konsumtif)

Ciri selanjutnya yang membuat anda tidak akan bisa kaya adalah ketika anda memiliki banyak tagihan yang tidak produktif. Saat anda dapat penghasilan di awal bulan, maka anda diharuskan untuk membayar cicilan kartu kredit, kredit mobil dan lainnya. Karena banyak tagihan, maka jumlah uang yang harus anda simpan dan gunakan untuk hal produktif menjadi lebih sedikit. Padahal, jika anda dapat penghasilan per bulan, hal yang harus diprioritaskan adalah investasi agar bisa mendapatkan penghasilan besar. Jika anda hanya memprioritaskan pengeluaran yang konsumtif, maka itu hanya akan membuat anda miskin bukan membuat anda kaya.

9# Percaya Jika Menjadi Kaya Adalah Hal yang Sulit dan Diluar Jangkauan

Banyak orang yang percaya kalau menjadi kaya itu adalah hak istimewa yang diberikan hanya kepada orang-orang yang beruntung. Jika anda sudah percaya pada hal itu, maka itu artinya anda menganggap bahwa menjadi kaya adalah hal yang sulit dan berada diluar jangkauan anda. Padahal pada kenyataanya tidaklah demikian, asalkan kita mau, maka kekayaan bisa saja kita dapatkan. “Di negara kapitalis, Anda berhak untuk menjadi kaya jika Anda bersedia untuk menciptakan nilai besar untuk orang lain,” kata Siebold.

‘Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan.’ Ungkapan tersebut benar adanya, hanya saja beberapa poin diatas adalah berdasarkan fakta. Jika seseorang masih memiliki sifat seperti itu, maka kemungkinan besar dia tidak bisa menggapai kekayaan dalam hidupnya. Mari evaluasi diri, semoga kita terhindar dari sifat-sifat itu dan bisa segera mencapai kekayaan yang kita impikan.

Sumber: businessinsider.com

Baca juga ==>>

ALASAN MENGAPA ANDA HARUS MENJADI DROSHIPPER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.