Affiliate Marketing – Tokopedia VS Bukalapak Review by Wawa

Tokopedia vs Bukalapak 


            Tokopedia Vs Bukalapak            VS                Tokopedia Vs Bukalapak

 
kali ini saya akan berbagi tentang Perbandingan Marketplace Tokopedia Dan Bukalapak
Mending Beli di Tokopedia atau Bukalapak ya?

Tapi jelas ada bedanya lah, coba kita ulas satu per satu:

1. Barang yang ditawarkan
Tokopedia dan Bukalapak menawarkan varian barang yang hampir sama banyaknya. Keduanya sama-sama berbentuk mal online murni, yang hanya menyediakan ‘wadah/tempat’ berjualan, dan tidak menjual barang mereka sendiri.

2. Metode Pembayaran
Keduanya tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit. Tokopedia melayani pembayaran dengan mandiri clickpay, ecash mandiri, Klikpay BCA, Transfer manual bank, dan saldo tokopedia. Sedangkan Bukalapak menerima pembayaran dengan mandiri clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Niaga, Transfer manual bank, dan buka dompet (saldo bukalapak).

3. Notifikasi transaksi
Sistem notifikasi keduanya hampir sama, setiap tahapan transaksi diinformasikan melalui email. Adapula yang diinformasikan melalui sms. Cukup membantu dan mengurangi kekhawatiran yang berlebihan. Sistemnya cukup bagus dan layak ditiru e-commerce lainnya.

4. Penjual di dalamnya
Yang tidak dimiliki tokopedia adalah simbol-simbol yang menunjukkan reputasi atau kebonafitan di penjual. Apakah penjual pemain baru atau pemain lama yang sudah sampai level ‘Juragan’ semua ada di Bukalapak. Adanya reputasi penjual di bukalapak ini membantu kita calon costumer untuk memilih penjual yang tepat sesuai preferensi kita.







5. Umur Situs
Tokopedia jelas sudah lebih ‘senior’ daripada Bukalapak. Namun hal ini bukan berarti bukalapak reputasinya tidak sebagus tokopedia.

6. Tampilan Website
navigasi website keduanya hampir mirip, yang membedakan hanya warna dominan website. Kalau Tokopedia didominasi hijau, sedangkan bukalapak didominasi warna merah hati.

7. Pengalaman Berbelanja

Saya pernah melakukan transaksi di kedua situs. Cukup mudah dan terpercaay, karena transaksi harus melalui rekening tokopedia atau bukalapak, jadi saya mersa aman-aman saja, tidak khawatir kalau barang nggak sampai. Pernah sudah terlanjur pesan ternyata barang tidak tersedia, dan akhirnya uang direfund ke saldo tokopedia atau buka dompet bukalapak, dan jika mau kita redeem ke rekening kita sangat mudah sekali, nggak seperti di mal online ‘sebelah’ yang memakan waktu lebih dari 5 hari kerja.

Saya sendiri lebih suka berbelanja di Tokopedia atau Bukalapak untuk mencari barang-barang kecil yang nominalnya tidak sampai lebih dari satu juta. Dan selama ini hasilnya cukup memuaskan.

Sedikit tips, jika barang yang kita cari di tokopedia tidak ada, kita bisa cari di bukalapak, dans sebaliknya. Siapa tahu malah ada dan harganya jauh lebih murah daripada harga di toko online lainnya.

Tetaplah Bijak dan Cerdas dalam Berbelanja Online!

Baca Juga :

 

Tags: , ,
Previous Post

Keunggulan Produk Gula Cair

Next Post

Affiliate Marketing – Anne Ahira Si Ratu Internet Marketing Pendiri Asian Brain by Wawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hosting Unlimited Indonesia
Advertisements
0

Your Cart