Jam Biologis pada Tubuh Manusia Dalam 1 X 24 Jam..

Pernahkan kamu sekalian mendengar bahwa setiap manusia itu memiliki jam biologis ?
atau belum juga mengerti maksud dari jam biologis ? kamu pernah berfikir gak kenapa selama ini waktu malam digunakan untuk tidur dan waktu siang digunakan untuk aktifitas..

kira-kira kalo hal tersebut dibalik bisa gak ya ???
Oke sekarang kita bahas apa itu Jam biologis pada manusia.

Pengertian Jam Biologis Manusia
Jam biologis yaitu waktu dimana organ tubuh manusia akan bekerja secara optimal dan juga beristirahat, sehingga terbentuklah pola aktivitas kehidupan? Saat malam digunakan untuk tidur, saat pagi digunakan untuk sarapan kemudian menjelang siang beraktifitas dan seterusnya hingga kembali tidur di malam hari.

Lalu bagaimana dengan rekan-rekan kita yang harus rela begadang di malam hari dalam rangka menjalankan tugas? Apakah itu berarti mereka menyalahi aturan jam biologis? Apakah jam biologis itu sama pada setiap orang?

Pada dasarnya manusia itu makhluk adaptif, artinya manusia mampu dan bisa menyesuaikan diri dalam keadaan apapun. Efek dari penyesuaian diri tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan dan pergeseran dalam sistem kehidupan manusia, mulai dari pola pikir, gaya hidup, hingga jam biologis. Tidak ada yang berubah, tetapi sedikit mengalami pergeseran. Bagi orang yang memiliki jam biologis diluar kebiasaan, Anda bisa melakukan kaliberasi. Dengan secara perlahan melakukan perubahan rutinitas tersebut otomatis akan mengubah jam biologis Anda. Jam biologis Anda akan terbiasa jika pola rutinitas sudah terbentuk.

Tubuh manusia merupakan keseluruhan struktur fisik organisme manusia. Tubuh manusia terdiri atas kepala, leher, batang badan, 2 lengan dan 2 kaki. Ketinggian rata-rata tubuh manusia dewasa sekitar 1,6 m (5-6 kaki). Ukuran tubuh manusia biasanya ditentukan oleh gen. Jenis dan komposisi tubuh dipengaruhi oleh faktor pascakelahiran seperti diet dan olahraga.

Pada saat manusia mencapai kedewasaan, tubuh terdiri dari hampir 100.000.000.000 sel. Masing-masing merupakan bagian sistem organ yang dirancang untuk melakukan fungsi kehidupan yang esensial. Sistem organ tubuh termasuk: kardiovaskular, kekebalan tubuh, pencernaan, pernapasan, ekskresi, perkemihan, muskuloskeletal, saraf, endokrin, dan reproduksi.

Jika dikaitkan dengan waktu dimana organ tubuh bekerja pada kondisi normal, berikut kurang lebih penjelasannya. Hal inilah yang kemudian membentuk jam biologis :

 
pukul 07.00-09.00
Jam Lambung

Pada jam ini organ lambung sedang bekerja sangat baik sehingga dianjurkan untuk melakukan sarapan pagi agar pembentukan energi berlangsung optimum. Minum jus atau makan buah sangat dianjurkan saat perut masih kosong sebelum sarapan agar penyerapan nutrisi jus atau buah tersebut berlangsung baik. Jadi intinya di jam ini tidak dianjurkan untuk makan yang berat-berat seperti Karbohidrat,Lemak tapi disarankan untuk makan buah atau jus

Jam 09.00-11.00
Jam Limpa

Pada jam ini organ limpa sedang bekerja kuat-kuatnya dalam mengirimkan cairan nutrisi untuk pertumbuhan. Jika pada jam tersebut Anda merasa mengantuk, bisa jadi karena fungsi organ limpa anda lemah. Disarankan mengurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

jadi intinya gan..pada jam-jam ini..tidak dianjurkan makan secara berlebihan karena biasanya kalo makan berlebihan dan terlalu kenyang maka banyak orang yang ngantuk..

Jam 11.00-13.00
Jam Jantung

Pada jam ini organ jantung sedang bekerja sangat giat sehingga dibutuhkan istirahat sebentar dari aktivitas. Hindari kegiatan fisik, jaga emosi pada jam-jam ini agar tidak memberatkan kerja jantung terutama pada Anda yang menderita gangguan pembuluh darah.

nah ini gan..biasanya kantor atau perusahaan di jam ini dibuat jam istirahat jadi disarankan untuk beristirahat secara fisik selama 15-20 menit.

Jam 13.00-15.00
Jam USUS KECIL


Di rentang waktu ini penyerapan usus kecil sedang maksimal.
· Bila kerjanya tidak maksimal, biasanya di jam-jam ini akan terasa nyeri.
· Sewaktu BAB, makanan yang dikonsumsinya tidak terolah, hingga fesesnya masih banyak mengandung bentuk-bentuk makanan yang dikonsumsinya.

Jam 15.00 – 17.00
Jam Kandung Kemih

Di jam-jam ini fungsi kandung kemih sedang maksimal.
Makanya di rentang waktu ini banyak yang ingin BAK
Bila kandung kemihnya bermasalah, biasanya ditandai dengan sering BAK ataupun BAK-nya malah tidak terkontrol

Jam 17.00 – 19.00
Jam Ginjal

Pada kisaran waktu ini, nutrisi yang diproduksi sedang berkumpul di ginjal. Jadi, sebaiknya hindari makan berlebih pada kisaran waktu ini.

Manfaatkan tenggang waktu ini untuk beristirahat/relaks, seperti duduk2, ngobrol bersama keluarga, dan sejenisnya agar ginjal dapat bekerja maksimal menyerap nutrisi yang ada. Hindari aktivitas yang melelahkan, seperti olah raga

ada yang berpendapat Sebaiknya periode ini digunakan untuk belajar karena pada saat yang sama sedang terjadi pembentukan sum-sum tulang dan otak serta kecerdasan

Jam 19.00-21.00
Jam Lambung


Organ lambung bekerja sangat lemah pada jam-jam ini. Maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makan malam sebelum jam-jam ini, ataupun jika terpaksa maka dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna.

Jam 21.00 – 23.00
Jam Kelenjar Getah Bening

Nutrisi yang didapat dari makan malam dapat tersebar ke seluruh tubuh secara maksimal berkat kelenjar getah bening.
Bermanfaat mengembalikan energi tubuh yang terbuang/terpakai setelah lelah bekerja di siang hari.

jadi diwaktu ini lebih enak digunakan untuk bersantai gan atau beristirahat

Jam 23.00 – 01.00
Jam Kandung Empedu

· Jam piket kantung empedu yang bertugas mengeluarkan cairan untuk pencernaan
· Sebaiknya beristirahat di jam jam ini hingga kantung empedu dapat berfungsi maksimal dalam memproduksi cairan.

kesimpulanya tidur aja gan..jangan begadang

Jam 01.00 – 03.00
Jam Hati

· Di rentang waktu ini terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh secara maksimal. Tak heran kalau umumnya orang mengantuk pada jam-jam ini karena hati memang sedang membutuhkan banyak darah untuk menjalankan fungsinya

· Bila ada gangguan fungsi hati, akan tercermin pada kotoran yang dibuang tubuh ataupun dalam bentuk gangguan mata.

Jam 03.00 – 05.00
JAM PARU PARU

· Di rentang waktu ini darah sudah kembali tersebar ke seluruh tubuh, sehingga saat bangun, tubuh terasa segar.
· Setelah bangun tidur dianjurkan melakukan olahraga agar fungsi paru-paru maksimal dengan tambahan oksigen yang di dapat melalui olahraga

Jam 05.00 – 07.00
Jam Usus Besar

Organ usus besar akan bekerja sangat kuat pada jam-jam ini. Maka dianjurkan untuk membiasakan BAB (Buang Air Besar) secara teratur pada jam-jam ini.

Nah itu tadi  jam biologi tubuh manusia. Dengan mengetahui jam biologis tubuh diharapkan kamu dapat mengolah dan menjaga tubuhnya dengan baik. Biar kondisi tubuh tetap segar dan prima. Karena menjaga lebih baik dari mengobati..

oke sekian dulu semoga bermanfaat 🙂

Tags: , , ,
Previous Post

Memasang Meta Tag SEO Friendly Terbaru 2014 serta Valid HTML5

Next Post

Cara Membuat Floating Social Sharing Horizontal Bar Untuk BlogSpot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hosting Unlimited Indonesia
Advertisements
0

Your Cart