fbpx

Makna Perlombaan 17 Agustus Yang Hampir Terlupakan….

Berbagai macam lomba digelar untuk memperingati HUT RI. Lomba permainan semacam ini seakan tak lekang oleh waktu, namun beberapa tahun kebelakang sudah jarang yang merayakan HUT RI dengan perlombaan-perlombaan yang mengandung makna sangat dalam dan masyarakat hampir melupakan makna dalam perlombaan tersebut.

Quote:Ayo kita Rayakan kembali HUT RI dengan semeriah mungkin untuk menghargai jasa-jasa para Pahlawan yang telah Gugur untuk merebut Kemerdekaan RI yang Tercinta ini

Berikut adalah Perlombaan-perlombaan saat 17 Agustus yang sudah hampir terlupakan beserta Makna nya. Mohon di Koreksi bila dalam penjelasannya ada yang kurang.

Oke berangkat gan
Bismilah

Quote:LOMBA MAKAN KERUPUK


Quote:Kerupuk terikat pada seutas tali, dan digantung yang tingginya di atas mulut peserta lomba. Aturan main, kedua tangan tidak boleh memegang tali/kerupuk, untuk itu kedua tangan disembunyikan di belakang pinggang. Hebohnya, tali gantungan kerap berayun akibat tarikan dari peserta lain.

Permainan ini mengajarkan kepada kita, di jaman penjajahan dulu rakyat mengalami kesulitan sandang, pangan dan papan. Untuk makan yang paling sederhana sekali pun mengalami kesulitan, akibat hasil panen penduduk diambil paksa oleh penguasa. Akibatnya, banyak rakyat yang kurang gizi bahkan mati kelaparan.

Quote:LOMBA BALAP KARUNG

Quote:Pemain masuk ke dalam karung, kemudian dengan lari dengan cara meloncat. Tidak jarang pemain terjatuh berguling-guling. Karung ini mengingatkan pada saat dijajah oleh Jepang. Sebagian besar rakyat mengalami penderitaan sangat berat, karena bahan pakaian sengaja tidak didistribusikan sehingga yang tertinggal hanyalah karung goni bekas.

Kain yang berserat kasar tersebut menimbulkan gatal-gatal di kulit karena sebagai sarang kutu. Filosofi menginjak-injak karung, kita meninggalkan pakaian yang sangat tidak pantas pakai tersebut. Ada makna lain dari balap karung yaitu betapa sulitnya berlari ketika kedua kaki terkungkung di dalam karung. Seperti kungkungan penjajah terhadap kebebasan rakyat untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Quote:LOMBA TARIK TAMBANG


Quote:Makna dari permainan ini bahwa persatuan sebagai modal utama untuk mengalahkan penjajah/lawan. Permainan ini juga mengajarkan bagaimana membentuk tim yang kompak dalam menyusun strategi yang tepat untuk dapat menarik tambang dengan mantap..

Quote:LOMBA PANJAT PINANG


Quote:Biasanya lomba ini digelar sebagai puncak acara dari aneka perlombaan. Lomba ini sering membuat tawa geli penonton. Pemanjat yang sudah mencapai ketinggian tertentu harus kembali merosot ke bawah. Mereka berusaha berkali-kali menggapai hadiah di ujung tiang batang pinang berlumur oli dan minyak.

Untuk mencapai puncak, mereka harus bekerja sama saling bahu-membahu. Filosofi permainan ini adalah kebersamaan komponen bangsa untuk meraih kemerdekaan.

Quote:LOMBA MEMINDAHKAN BELUT

Quote:Permainan ini memindahkan seekor belut ke tempat lain. Makna permainan ini, betapa pun sulit dan licinnya belut penjajah tetap harus diusir dari negeri ini. Perlu kesabaran dan ketekunan.

Quote:LOMBA- LOMBA LAINYA YANG PASTI MENGANDUNG MAKNA YANG DALAM GAN. SILAHKAN JIKA ADA YANG MAU MENAMBAHKAN


Tags: , , ,
Previous Post

Bukan Uang Yang Bikin Karyawan Setia pada Perusahaan, Lalu Apa ?

Next Post

Cara Membuat Box Comment, Facebook, Twitter, G+ dan Tanggal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hosting Unlimited Indonesia
0

Your Cart