Posted on

MENEMUKAN IDE BISNIS ONLINE AFFILIASI

Sebelum berbisnis yang pertama kali dilakukan adalah mencari ide bisnis yang tepat dengan anda baik dari segi kemampuan ilmu maupun kemampuan finansial serta kemampuan manajemen. Menemukan ide bisnis online affiliasi juga hampir sama dengan menemukan ide bisnis lainnya.

TIPE PEBISNIS

1. Penemu
Tipe penemu adalah menemukan masalah kemudian berusaha memecahkan masalah dengan percobaan-percobaan .Tipe orang ini yang paling bagus dalam bisnis. Contohnya Pak Tirto pendiri Aqua semula dianggap aneh menjual air yang harganya lebih mahal daripada bensin yaitu tahun 1973 harga Aqua 950 ml Rp. 75,- sedangkan harga bensin waktu itu Rp. 46/ liter.

Idenya muncul ketika pak Tirto kedatangan tamu dari sebuah perusahaan Amerika Serikat yang waktu itu beliau kerja di Pertamina. Jamuan itu terganggu ketika istri dari pimpinan delegasi perusahaan AS tersebut mengalami diare karena mengkonsumsi air yang tidak bersih. Ternyata orang barat tidak biasa meminum air yang direbus tetapi air yang disterilkan.

2. ATM (Amati Tiru dan Modifikasi)
Tipe ATM adalah mengamati produk yang sudah terbukti laris dipasaran kemudian meniru dan sedikit memodifikasi. Tipe ATM ini yang paling banyak didunia bisnis. Contohnya setelah Aqua mulai laris dipasaran maka muncul pesaing-pesaing dengan merek lain menjual produk sejenis Aqua seperti Ades, Club, Aquaria, Vit, Cleo dan lain-lain. Bahkan ormas Islam dan Yayasan Islam di Malang juga memproduksi air mineral ini contohnya AQNU, Q-Mas dan Al-Umm.

3. Penjiplak
Tipe penjiplak adalah mengamati dan meniru sama persis dengan produk aslinya termasuk mereknya. Ini adalah pelanggaran hak cipta terutama mereknya. Dalam istilah bisnis ;  palsu, Aspal,  KW 2 atau KW3 contohnya dulu ada berita ditemukan peredaran Aqua palsu diterminal.

Dari tiga tipe yang paling mudah dan halal adalah ATM (amati, tiru dan modifikasi) maka kita fokuskan kisini.

BAGAIMANA CARA MENCARI AFFILIATE MARKETER YANG SUKSES ?

Mencari contoh affiliate marketer (jasa mempromosikan barang atau jasa) yang sudah berhasil butuh trik khusus karena berbeda dengan toko online biasa.  Bila toko online biasa mudah mencarinya misalnya ketik jual hijab maka anda lihat toko-toko online jualan hijab dihalaman pertama inyaAllah mereka sudah sukses.

Ada beberapa cara mengetahui website/ blog atau media sosial yang sukses menjalankan bisnis affiliasi.

  1. Dari hasil testimoni. Biasanya merchant affiliate ( Pemilik affiliasi) untuk menyakinkan supaya mau bergabung dalam affiliasinya maka diberi testimoni. Dalam testimoni biasanya ada alamat website atau blognya. Contonya dari testimoni RWP (Rahasia Website Pemula) ada yang berhasil bernama bapak Handoko.
  2. Dari group atau komunitas affiliasi tertentu. Anda perhatikan komentar-komentar dari anggota komunitas bila komentarnya ada yang menunjukkan sudah pernah cair komisinya berarti sukses. Langkah berikutnya  mencari media sosialnya dan website/ blognya. Contoh dari group Lazada Affiliate Publisher (Indonesia) kami menemukan yang sukses memasarkan Produk Lazada yaitu Bapak Muhamad Februrianto.
  3. Biasanya dalam affiliasi ditampilkan 10 rangking teratas yang berhasil dalam bulan ini. Tinggal anda kopi namanya cari di pencarian google insyaAllah media sosialnya setelah ketemu media sosialnya cari di profil alamat website/ blognya. Contohnya di yubi affilate kami menemukan yang masuk 10 besar yaitu Falasik

selengkapnya lihat disini

AMATI
 Apa yang harus anda amati dan dicatat

  1. Bentuk website/ blognya , isi artikelnya tentang apa banner affiliate yang dipasang apa ?
  2. Berapa banyak pengunjungnya tiap bulan ?
  3. Apa Jenis kelamin pengunjung ?
  4. Apa tingkat pendidikannya ?
  5. Sumber datangnya pengunjung dari mana ? dari pencariaan google, media sosial, email, link, website lain atau iklan.
  6. Media sosial berapa temannya, followernya ?
  7. Apakah punya group atau fanpage ? berapa anggotanya ?

Untuk nomor 2 sampai 5 alat yang dipakai gratis yaitu : https://app2.follow.net/#portfolios/port-548f8c7818ed61f/stories   dan     http://www.alexa.com/    anda daftar dulu kemudian masukkan alamat website/ blog yang ingin ada amati dan anda analisis.

Kesimpulan dari pengamatan saya

  1. Bentuk blognya bukan toko online, isi materi artikelnya campuran dan banner iklan yang dipasang sesuai tema tetapi yang dipasang di kolom kanan iklan umum seperti hp.
  2. Banyaknya pengunjung tiap bulan antara 5.000 sampai 10.000 pengunjung bila rata-rata pengunjung tiap bulan 7.500 maka tiap harinya ada 250 pengunjung
  3. Jenis kelamin tergantung temanya
  4. Tingkat pendidikan kebanyak sma dan perguruan tinggi
  5. Ada yang terbanyak dari link dan ada yang terbanyak dari pencarian google.
  6. ada yang punya group anggota 200 orang dan ada yang punya fanspage 5.000 orang lebih

 Langkah berikutnya meniru dan sedikit dimodifikasi.
 selamat mencoba
Tulisan ini saya buat setelah ikut pelatihan online dari Fikri Fatullah Pengarang buku “BOM BISNIS ONLINE MILYARAN” kesuksesan itu berpola maka kita tinggal jiplak saja dari mereka yang sukses.
“Power Of Kepepet” jadikan keterbatasan anda menjadi power yang besar, Jangan bilang tidak punya modal atau pengalaman untuk memulai menjadi pengusaha.

PANDUAN LENGKAP AFFILIASI MARKETING UNTUK PEMULA BERBASIS BLOG GRATIS

BAB I        30 AFFILIATE PROGRAM INDONESIA GRATIS
BAB II       MENEMUKAN IDE BISNIS ONLINE AFFILIASI
BAB III     CARA RISET PASAR DENGAN GOOGLE KEYWORD PLANNER
BAB IV     CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT DAN SENJATA-SENJATANYA
BAB V     TULIS ARTIKEL |TUTORIAL SEO ONE PAGE OPTIMIZATION
BAB VI     CARA MENDAFTAR AFFIALITE : BILNA.COM
BAB VII    CARA MENEMPELKAN BANNER IKLAN AFFILIATE
BAB VIII   TEKNIK SEDERHANA OFF PAGE SEO DALAM 2 MENIT TAMPIL DI PAGE 1-5 GOOGLE
BAB IX     MEMBANGUN SEMANGAT BISNIS ONLINE AFFILIATE
BAB X       EVALUASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.