fbpx

Tips Cara Menghilangkan Cegukan..



Semua orang pasti pernah mengalami cegukan. Selain terjadi tiba-tiba, cegukan yang tak bisa berhenti bisa membuat jengkel.

Cegukan terjadi karena adanya kontraksi diafragma yang kemudian membuat pita suara mengejang. Kontraksi ini bisa terjadi karena makan terlalu banyak, minum minuman bersoda, atau mengonsumsi alkohol berlebihan. Selain itu, stres dan perubahan suhu yang mendadak juga bisa menyebabkan cegukan,
Bagaimana cara menghentikan cegukan? Berikut  beberapa cara untuk Anda coba .

1. Bernapas

Ada banyak teknik bernapas yang diklaim mampu meredakan cegukan. Mulai dari menahan napas, mengambil napas dalam, atau menahan napas sambil menutup telinga.
“Menahan napas bisa bisa memberikan sinyal pada otak untuk menghentikan kontraksi diafragma. Ini bisa menghentikan cegukan,” kata Udermann. Dr Oz mengatakan bahwa sedikit karbon dioksida tambahan juga bisa membantu membuat diafragma lebih santai.

2. Minum

Terdapat beberapa klaim yang mengatakan bahwa air bisa menghentikan cegukan, misalkan minum melalui sedotan atau gelas besar tanpa berhenti.
Dengan menelan air, secara tak sengaja napas Anda akan berubah. Ini bisa mempengaruhi cara kerja diafragma, berdasarkan Reader Digest Kanada. Tak peduli Anda menggunakan sedotan, gelas besar, atau meminumnya langsung. Minum bisa menganggu kontraksi diafragma dan menghentikan cegukan.

3. Makan

Beberapa makanan disebut-sebut mampu menghentikan cegukan, misalkan gula, selai kacang, atau es krim. Lemon yang dilapisi gula juga disebut mampu meredakan cegukan. Cara kerjanya sama dengan minum dan bernapas, makanan akan mengganggu kontraksi diafragma, sehingga meredakan cegukan. Namun perlu diingat, yang diperlukan hanya satu sendok gula, jangan terlalu banyak.

4. Mengeluarkan lidah

Saat Anda mengeluarkan lidah,Anda merangsang bagian tenggorokan yang terhubung pada nasopharynx dan celah menuju pita suara. Ini ditengarai bisa meredakan cegukan.

5. Merasa kaget

Mintalah seseorang untuk mengagetkan Anda. Merasa terkejut akan mengubah siklus napas Anda. Selain itu, mental Anda yang merasa terkejut juga bisa mempengaruhi cara kerja diafragma.

6. Pengalihan perhatian

Mengalihkan perhatian secara fisik diketahui mampu meredakan cegukan dengan sendirinya. Reader’s Digest Kanada menyarankan Anda untuk menggenggam tangan dengan sangat erat hingga membuat Anda merasakan sensasi sakit. Kemudian alihkan perhatian Anda dari cegukan pada rasa sakit pada tangan.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat cegukan menyerang. Selamat mencoba!

Tags: , , ,
Previous Post

Cara Agar Tag Image Bisa Mendapat Ranking di SE

Next Post

Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Alami…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hosting Unlimited Indonesia
0

Your Cart