Posted on

TUTORIAL EMAIL MARKETING & EMAIL BLAST KE 2.000 LIST SECARA OUTOMATIS DAN GRATIS

Bila berbagai jurus pemasaran sudah anda pakai tetapi hasilnya tetap belum memuaskan juga maka email marketing dapat dikatakan jurus terakhir yang perlu anda coba.

Ketika anda mulai mempelajari email marketing berarti anda sudah naik kelas bukan dikatakan lagi pebisnis online pemula minimal naik kelas dari TK menuju SD atau SMP.

Email marketing tidak hanya bermanfaat untuk affiliate marketing saja tetapi semua bisnis online maupun off line baik yang jaulan barang atau jasa, pemain google adsense, pemain youtube adsense dan lain-lain.

Email marketing dan email blast cukup sulit karena ada beberapa hal perlu dipelajari yaitu

  • Teknik mendaftar dan menggunakan email blast.
  • Teknik mengumpulkan list email.
  • Membuat produk penetrasi.
  • Mengautomatisasi email atau autoresponder
  • Cara melakukan follow up.
Email marketing adalah methode pemasaran langsung yang dilakukan melakukan melalui email yang dilakukan ke sekelompok orang.
Email blast atau email masal adalah pengiriman surat elektronik ke mailing list yang sangat besar.

6 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN EMAIL MARKETING

1. BERSIFAT PRIBADI

Email marketing itu seakan-akan seperti mengirim surat kepada satu orang saja sehingga orang tersebut merasa diperhatikan. Sehingga bila mengirim email gunakan bahasa anda, kamu jangan kalian.

2. INFORMASI CEPAT TERKIRIM

Bandingkan kalau jaman dulu mengirim surat lewat pos maka membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama.

Atau anda menggunakan iklan maka iklan butuh waktu untuk menemukan audiennya.

3.MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK

Tujuan email marketing adalah membangun hubungan baik dengan pelanggan atau calon pelanggan. Dengan mengirimkan informasi-informasi yang bermanfaat sehingga pelanggan lebih mengenal dekat pribadi anda atau produk anda.

4. HEMAT BIAYA

Dibandingkan dengan anda membayar iklan maka email marketing jauh lebih hemat biayanya dan responnya juga lebih baik. Bahkan disini kita memakai yang gratis.

5. KAMPAYE BISA TERUKUR

Penawaran anda bisa anda pantau (lewat Report) mana yang banyak mendapat respon dari pelanggan dan mana yang kurang.Anda bisa mengevaluasi dan memperbaiki penawaran anda.

6. BISA MENGONTROL TRAFIK WEB ANDA SEPENUHNYA

Bila selama ini sumber trafik anda dari SEO dan sosial media, maka suatu ketika bisa saja web anda terlempar dari halaman 1-10 mesin pencarian google atau facebook suatu ketika sudah ketinggalan jaman orang-orang pindah ke sosial media lain maka trafik web anda akan turun drastis.

Pada prinsipnya itu masih menggunakan pihak ketiga untuk mendatangkan trafik berbeda dengan email marketing anda yang berkuasa sepenuhnya dalam mendatangkan trafik tinggal mengundang subscribe anda dan di blast email.

Ada beberapa pilihan tool email marketing yang bagus untuk pemula :
  1. GetResponse ( gratis di bulan pertama dan autoresponder)
  2. MailChimp (gratis mengirim ke 2.000 list email tetapi tidak autoresponder)
  3. Benchmark (gratis mengirim ke 2.000 list email dan sudah autoresponder)
Untuk belajar seperti biasa di blog ini memilih yang gratis saja dan sudah autoresponder serta boleh untuk bermain afiliasi maka pilihan jatuh pada nomor 3 yaitu Benchamark Email. 
Kita pilih Benchmark walaupun belum seterkenal MailChimp dan GetResponse karena MailChimp aturannya ketat termasuk tidak boleh mengirim link afiliasi dan GetResponse hanya diberi versi trial sebulan.
Seandainya bayar berapa biayanya ?

GetResponse perbulan biayanya $ 25 (Rp. 325.000) untuk 2.500 akun email
MailChimp perbulan biayanya $ 25 (Rp.325.000) untuk 1.501 – 2.000 akun email
Benchmack perbulan biayanya $ 28,95 (Rp.376.350) untuk 2.500 akun email
Ada yang murah email lokal yaitu Viosender.com biaya hanya Rp.50.000 perbulan untuk 3.000 akun email.

TUTORIAL BENCHMARK GRATIS KIRIM KE 2.000 LIST EMAIL DAN SUDAH AUTORESPONDER

CARA DAFTAR BENCHMARK EMAIL

Silahkan klik http://www.benchmarkemail.com?p=631906  dan akan muncul gambar seperti dibawah ini kemudian klik tombol “Free Plan” pojok kanan atas berwarna hijau

Kemudian lengkapi data yang diminta dalam formulir pendaftaran yaitu nama depan, nama belakang, nomor hand phone, nama organisasi bisa ditulis nama anda, list size pilih 2.000, alamat email, login bisa ditulis alamat email anda, password kemudian klik tombol “Create Free Plan

Anda langsung mendapat email verifikasi dari Benchmark Email silahkan klik. dan anda sudah bisa langsung memulai membuat email blast.

SIGN IN

Silahkan  http://www.benchmarkemail.com?p=631906 klik tombol “Sign In” disebelah kanan atas kemudian anda dibawa ke halaman berikut. Tulis alamat email dan password lalu klik tombol “Sign In”. Anda di suruh mengisi alamat web atau blog anda. Selanjutnya akan dibawa ke dasbor.

DASBOR

Ada 3 elemen penting didasbor yaitu Create Email (membuat kratifitas email), Create New List (menambah kontak daftar email) dan Email Tools (alat-alat yang bisa digunakan)

MENAMBAH KONTAK DAFTAR EMAIL

Karena anda baru pertama kali silahkan klik tombol “Create New List“anda bisa memilih penambahan kontak dengan 3 pilihan yaitu import kontak, copy paste dan add individual. Untuk copy paste hanya dibatasi 50 list email lebih dari 50 email Bechmark akan meminta melalui import kontak.
Silahkan isi List Name misalnya ditulis ” Email Marketing” kemudian pilih salah satu dari 3 cara tambah kontak. Misalnya anda pilih add individual contacts klik tanda bulat kecil selanjutnya klik tombol ” Save & Add Contacts

MENAMBAH KONTAK DENGAN CARA ADD INDIVIDUAL

Anda tulis alamat email yang akan anda tambahkan ke nama list kontak dalam study kasus ini namanya “Email Marketing” alamat emailnya misalnya [email protected] Kemudian anda beri tanda centang pada bagian bawah selanjutnya klik tombol “Add Contacts“. Selesai

MENAMBAH KONTAK LEWAT COPY PASTE

masuk dasbor utama klik tombol ” Add Contats“. Anda akan dibawa ke email list yang sudah anda buat. Silahkan anda centang dinama email itu akan diletakkan kemudian klik tombol “SAVE & NEXT”

Anda akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini, silahkan anda copy alamat email yang akan anda simpan kemudian pastekan di kotak lalu klik tombol “Add Contats” Selesai

Teori menambah kontak sampai disini saja, coba dipraktekkan !
Untuk import kontak dari file dan Quick Add  lihat video tutorialnya disini

CARA MEMBUAT EMAIL

Lihat bagian atas klik tulisan “Email


Akan muncul gambar seperti dibawah ini klik tombol “Create New Email

Ada 3 pilihan

  • Drag & Drop Editor yaitu bentuk email disertai gambar dengan cara menarik atau menggerser gambar
  • Code Editor yaitu email yang disertai gambar gambarnya diambil dalam bentuk HTML.
  • Plain Text Editor yaitu email dalam bentuk text saja.
Sebagai contoh kita pilih “Drag & Drop Editor” silahkan klik tombol “Select

Isi subject atau judul email yang akan tampil di email yang anda kirimi, isi from name atau nama web anda atau perusahaan, atau anda kemudian isi email name atau nama email yang akan tampil di bechmark.Tetapi bila ingin terhubung dengan sosial media hidupkan tombol facebook dan tombol twitter. Setelah itu scroll kebawah klik tombol “SEVE & NEXT

Sebagai percobaan saya kirim ke 3 email pribadi saya dengan memberi tanda centang kemudian klik tombol ” SAVE & NEXT
Maka anda akan di bawa ke halaman editor. Ada 8 pilihan bentuk layout email kita pilih “Right Sidebar” silahkan klik
Dihalaman ini anda tinggal menambah gambar , membuat judul dan isi email. Setelah itu isi alamat anda ditempat yang saya lingkari merah lalu tekan tombol “SAVE & CLOSE
Tekan tombol “SAVE & CLOSE” sebelah kanan bawah.
Diatasnya tombol “SEND” ada 3 pilihan kirim sekarang (Send Immediately), terjadwal (Schedule Delivery) dan simpan saja (Save as Draft). Anda pilih salah satu. Untuk yang terjadwal maka pilih tanggal dan jam sebelumnya atur jam dengan clcik here pilih Java +07.00 jam. 
Pada studi kasus kali ini memilih kirim langsung (Send Immediately) maka klik tombol “SEND”

Alhamdulillah selesai


HASIL KIRIMAN EMAIL

Dalam hitungan detik sudah terkirim dan saya buka emailnya, inilah hasilnya

Untuk memantau terkirim keberapa orang ?, dibuka oleh berapa orang ?dan berapa yang mengklik ? maka kunjungi dasbor Benchmark

Dasbor diatas menunjukkan email terkirim ke 3 orang , dibuka 2 orang dan yang melakukan aksi klik 1 orang. Untuk versi gratis satu bulan dibatasi 14.000 kiriman email data diatas sudah saya bulan ini sudah mengirim 22 email. Sedang gambar dibatasi 10 MB.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.